Peresmian Tower Internet di Batunadua

Beberapa peserta berfoto bersama dengan latar belakang tower internet yang sudah online.

Komite Nasional Lutheran World Federation (KN-LWF) di Indonesia merespon situasi pendidikan di tengah-tengah Pandemi COVID-19 dengan membangun Tower Internet WiFi dibeberapa titik wilayah terpencil yang tidak memiliki jaringan Internet. Program pembangunan Tower Internet ini merupakan langkah KN-LWF untuk mewujudkan kemitraan bersama gereja-gereja anggota dalam meyiasati proses pembelajaran jarak jauh yang sampai hari ini harus dilakukan oleh seluruh peserta didik secara daring pada masa pandemic Covid-19 ini. Lewat program ini peserta didik akan mendapatkan jaringan internet WiFi tanpa batas (unlimited).

Pdt. Basa Hutabarat, M. Min memberikan sambutan dalam acara peresmian tower internet di Desa Batunadua

Pada Kamis (24/9/2020), KN-LWF meresmikan Tower Internet di lokasi pertama yaitu di Desa Batunadua, Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Tower ini berdiri diatas lahan gereja HKBP Batunadua Resort Gultom, dan diresmikan secara langsung oleh Sekretaris Eksekutif KN-LWF Pdt. Basa Hutabarat, S.Th, M.Min bersama dengan Pdt. Ivan Dairi Sihombing, S.Th sebagai Pendeta HKBP Resort Gultom. Acara peresmian ini dibuka dengan kebaktian yang diikuti oleh jemaat gereja setempat dan tim KN-LWF.

Dalam acara ini, Pdt. Basa Hutabarat yang turut menandatangani prasasti pendirian tower internet ini meyampaikan pesan agar koneksi WiFi ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh peserta didik. “Internet ini untuk belajar demi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang selama pandemi ini kita rasakan semakin tertinggal, meskipun dapat pula digunakan untuk keperluan keluarga semisal video call dengan keluarga yang jauh” tegas Pdt. Basa Hutabarat. Beliau juga menambahkan dengan adanya internet ini, pekerja gereja dapat menyampaikan pengetahuan Alkitab untuk lebih memperkokoh iman Kristen.

Pdt. Basa Hutabarat, M.Min menandatangani prasasti peresmian tower internet di desa batunadua, disaksikan oleh Pdt. Ivan Dairi Sihombing.

Program KN-LWF ini sekaligus menjawab kebutuhan pendidikan secara daring yang sangat menyulitkan peserta didik terutama di daerah-daerah terpencil yang sangat sulit jaringan internetnya. “Fasilitas wifi ini bersifat terbuka sehingga siapa saja dapat mengaksesnya, terutama peserta didik yang berasal dari jemaat gereja anggota KN-LWF” ditekankan oleh Pdt. Basa Hutabarat. Sementara itu, Pdt. Ivan Dairi Sihombing meyampaikan ucapan terima kasih atas diresmikannya fasilitas internet ini. “Kami berkomitmen penuh untuk menjaga serta mengelola fasilitas internet yang sudah dibangun ini, serta digunakan dengan bijak dan bertanggungjawab untuk membantu peserta didik dalam belajar daring” Ujar Pdt. Ivan Dairi Sihombing.

Tampak tower Internet setinggi 30 meter yang sudah bisa dipergunakan.

 

Menanggapi peresmian ini, sejumlah jemaat pun menyambut hangat dan merasa bersyukur, karena selama ini peserta didik sangat kesulitan untuk mengikuti Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PPJJ) karena sambungan internet di desa batunadua dan desa-desa sekitarnya sangat tidak memadai. Bapak St. Pakpahan yang mewakili jemaat menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada KN-LWF. “Kami semua merasa bersyukur dengan fasilitas ini, dan akan kami manfaatkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak kami semua yang ada disini” ujar Bapak St. Pakpahan.

Beberapa orang tua yang menghadiri acara ini juga menyampaikan ucapan syukurnya. “Disini susah sinyal, apalagi internet, jadi udah mantap kali lah ini, syukur kalilah” ucap Ibu Br.Gultom.Acara peresmian ini ditutup dengan doa sebagai ucapan syukur dan harapan agar program ini menjadi sumber penguatan karakter Kristiani dan pekabaran Injil ditengah-tengah kehidupan yang sedang berlangsung di masa pandemi ini.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.