PELANTIKAN BADAN PELAKSANA KNLWF

Pelantikan Badan Pelaksana Komite Nasional Lutheran World Federation (KNLWF) Indonesia dilaksankan pada Minggu, 3 Oktober 2021, bertempat di Gereja HKBP Ressort Pematangsiantar. Pdt. Dr. Robinson Butarbutar yang juga adalah Ephorus HKBP dilantik sebagai Ketua Badan Pelaksana untuk masa bakti 2021-2025, Pdt. Humala Lumbantobing, M.Th (Sekretaris Jendral GKPI) sebagai Sekretaris, dan Pdt. Firman Sibarani, M.Th (Ephorus HKI) sebagai Bendahara. Pelantikan dilaksanakan oleh pengurus sebelumnya, yakni Pdt. Rumanja Purba, M.Si (Ephorus Emeritus GKPS) didampingi Pdt. Oloan Pasaribu, M.Th (Bishop Emeritus GKPI) dan Pdt. Basa Hutabarat, M.Min (Sekretaris Eksekutif KNLWF)

Dalam sambutannya sebagai Ketua KNLWF, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar menyampaikan pesan tentang tugas dan tanggung jawab KNLWF yang besar dalam pengembangan 13 Sinoge Gereja anggota, dan perannya dalam kehidupan. Pdt. Robinson Butarbutar menyampaikan 3 pokok pikiran yakni, “Salvation is Not For Sale, ajaran Lutheran mengatakan bahwa keselamatan adalah anugerah luar biasa dari Tuhan, dan tidak bisa diperjualbelikan” tegasnya dan melanjutkan bahwa KNLWF memiliki Luther Study Centre (LSC) yang menjadi pusat menggali pikiran dan ajaran Lutheran. “Kami mendorong seluruh gereja untuk datang dan bersama-sama menggali ajaran Lutheran dan pengembangannya di Indonesia” jelasnya.

Yang kedua adalah Human is Not For Sale. “Kehidupan adalah anugerah dan ciptaan Tuhan, tidak boleh diperjualbelikan, dan untuk itu KNLWF akan berjuang dalam isu human trafficking dan membantu pengentasan kemiskinan terutama akibat dari pandemi Covid-19 ini” tegasnya. Dan tekad yang ketiga adalah Earth is Not For Sale. “Keserakahan manusia melalui eksploitasi berlebihan atas bumi mengakibatkan bencana dimana-mana, sehingga perlu kesadaran dan aksi untuk memelihara kelestarian bumi dan merawatnya, karena bumi ini adalah karunia Tuhan” ujarnya.

Pdt. Dr. Robinson Butarbutar juga meyampaikan rasa terimakasih kepada mitra-mitra luar negeri yang juga turut mengikuti acara pelantikan melalui layanan virtual Zoom. “Terimakasih kami sampaikan kepada teman kami dari Lutheran World Federation (LWF) di Geneva, Switzerland, Evangelist Lutheran Church of Ame rica (ELCA) di Amerika Serikat, dan Lutheran Church of Australia (LCA) di Australia, kami senang dan mengajak untuk mempererat kemitraan antara kita” ujarnya. Ketua KNLWF turut meyampaikan terimakasih kepada perwakilan LWF yakni LWF Vice-President Ibu Desri Maria Sumbayak yang turut hadir secara langsung.

Mengakhiri sambutannya, Ketua KNLWF menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pimpinan 13 gereja anggota, yakni HKBP, HKI, GKPI, GKPA, GKPS, GPP, GKPPD, GKLI, GPKB, AMIN, BNKP, GKPM dan ONKP yang tergabung dalam Badan Musyawarah yang telah memilih dan melantik Badan Pelaksana KNLWF Masa Bakti 2021-2025.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.