Majalah SAMA (Semper Reformanda) Edisi April 2020

 

 

 

Silahkan diunggah di sini (Format PDF)

 

 

 

 

 

Shalom,

Salam damai sejahtera di dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan juru sela- mat kita.

Senang sekali akhirnya edisi perdana majalah bulanan Semper Reforman- da bisa menyapa para pembaca sekalian. Silahkan

Majalah Semper Reformanda ini adalah sebuah media komunikasi internal untuk menyampaikan pesan-pesan dan berita advokasi tentang Hak Asasi Manusia (HAM), kebebasan beribadah, dan berbagai isu sosial lainnya. Selain menjadi media informasi dan advokasi, Semper Reformanda ada- lah media komunikasi untuk menjalin silaturahmi Komite Nasional Lutheran World Federation (KNLWF) dengan semua gereja dan stakeholders yang mendukung program-program KNLWF.

Saat ini, masyarakat dunia sedang berjuang menghadapi pandemi Cov- id-19. Sebuah ‘teror’ yang baru pertama sekali terjadi sejak seratusan tahun terakhir. Kemajuan teknologi yang mepermudah dan mempercepat mobili- tas manusia turut pula berkontribusi mempercepat persebaran virus ini. Maka tindakan social distancing, isolasi mandiri, isolasi wilayah, bahkan lock down di beberapa negara harus dilakukan. Istilah-istilah ini pun men- jadi popular.

Sebagai laporan utama, kami mengangkat isu perlunya Solidaritas Melawan Covid-19. Masalah menghadapi virus Corona adalah masalah bersama. Persoalan ini bisa diselesaikan bila semua orang saling tolong-menolong. Sebab dalam kondisi seperti saat ini, menolong orang lain berarti menolong diri sendiri. Apalagi, sebagai murid-murid Kristus, kebaikan dan kemurahan hati merupakan teladan Kristus yang memang harus kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai aksi Solidaritas Melawan Covid-19 kami tampilkan dalam Rubrik Sorotan, seperti liputan KNLWF Berdiakonia Melawan Covid-19 dan Dona- si Melawan Covid-19. Agar tidak menimbulkan salah kaprah, istilah-istilah popular tentang Covid-19 kami sajikan dalam Rubrik Tahukah Kamu?

Pada Rubrik Opini ada tulisan Pdt. Riston Eirene Sihotang, S.Si., M.Hum, Kepala Departemen Koinonia HKI tentang Peran Agama Menghadapi Pan- demi Covid-19. Masih di Rubrik Opini, mengingat pentingnya Revisi PBM No. 9 dan 8 Tahun 2006 bagi kebebasan beribadah, Beril Huliselan, Kepala Biro Litbang PGI, menuliskan Sebuah Catatan Tentang Pentingnya Revisi PBM No. 9 dan 8 Tahun 2006.

Selama belasan tahun, perjuangan untuk mendapatkan hak atas kebe- basan beribadah masih menjadi pergumulan bagi masyarakat Kristen di Aceh Singkil. Setelah peristiwa pembakaran dan pembongkaran beberapa gereja pada tahun 2005, hingga saat ini, jaminan kebebasan beribadah bagi masyarkat Kristen di Aceh Singkil belum didapatkan. Boas Tumangger adalah salah seorang jemaat yang terus menyuarakan hak kebebasan beribadah ini bahkan hingga ke tingkat dunia. Simak wawancara kami de- ngan Boas Tumangger dalam Rubrik Sosok.

Program livelihood KNLWF di Mentawai, bisa Anda ikuti setiap edisi dalam Rubrik Cerita dari Mentawai.

Edisi perdana ini, tentu masih jauh dari kesempurnaan. Kritik, saran, dan masukan dari pembaca sekalian, senantiasa kami harapkan. Perbaikan-per- baikan ke depan akan terus dilakukan agar majalah Semper Reformanda dapat menjadi bacaan dan media komunikasi yang efektif bagi KNLWF dan seluruh stakeholders-nya. Akhirnya, selamat membaca, meski kita harus masih menjaga jarak, semoga solidaritas bisa terus terjaga untuk bersa- ma-sama melawan Covid-19.

Redaksi Semper Reformanda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.