Majalah SAMA Edisi Mei 2020

Silahkan akses versi PDF dengan mengklik gambar sampul (Cover)

Shalom,

Segala puji syukur bagi Tuhan semesta alam, yang senantiasa mem­berikan kita segala kebaikan, menjaga kita, dan beserta kita, bahkan saat dalam situasi tersulit sekalipun. Kami senang sekali bisa bertemu

kembali dengan pembaca sekalian. Ini adalah edisi kedua Majalah SAMA (Semper Reformanda) setelah terbit perdana bulan lalu. Majalah ini me­ rupakan media advokasi untuk persamaan hak asasi manusia (HAM), ke­ bebasan beribadah, keberagaman, dan berbagai isu sosial lainnya, serta media komunikasi Komite Nasional Lutheran World Federation (KNLWF) dengan seluruh stakeholders­nya.

“Tantangan Kolektif” kami angkat sebagai tema, berangkat dari bebera­ pa premis di masa Covid­19: semua sendi kehidupan terdisrupsi (sosial, ekonomi, dagang, politik, dan psikososial), bukan hanya pemerintah saja tetapi warga negara juga ramai­ramai mengalami tantangan pandemi ini, dan semua agama tanpa terkecuali memiliki satu suara untuk membatasi aktivitas keagamaan, mengutamakan kepentingan publik. Masih banyak contoh kesamaan tantangan yang dihadapi masyarakat di tengah pandemi ini. Maka benarlah apa yang dinyatakan oleh Thomas Hobbes bahwa ma­ nusia itu menjadi Homo Homini Socius: bahwa manusia menjadi sahabat bagi sesama manusia..

Akankah kita harus menunggu bencana seperti Covid­19 untuk menyadari bahwa dunia ini selalu memberikan tantangan, dan mau tidak mau kita ha­ rus menerima dan menyelesaikannya secara kolektif.

Survei dari KNLWF tentang dampak Covid­19 terhadap pekerja informal, survei dari PGI mengenai respon gereja dan jemaat terhadap pembatasan sosial, bagaimana sebagian orang merespon anjuran di rumah aja dan menjaga pikirannya tetap sehat selama pembatasan diri ini, serta bebera­ pa aksi menolong orang lain dan tetangga mengisi rubrik Sorotan kali ini.

Berbingkai solidaritas sosial, masih tentang gerakan­gerakan kebaikan un­ tuk membantu orang lain selama pandemi, di rubrik Sosok kami menyajikan keteladanan yang dilakukan Togu Simorangkir. Aktivis literasi ini sedang mendorong orang melakukan kebaikan­kebaikan kecil dengan membantu sesamanya. Untuk mendukung tenaga medis melawan Covid­19, ia mela­ kukan aksi Ratu Gadis Covid­19 (Rakyat Bantu Tenaga Medis Lawan Co­ vid­19).

Di rubrik Risalah ada liputan tentang bagaimana gereja bisa memanfaat­ kan teknologi untuk mendukung pekabaran injil dan pelayanannya. Simak dalam artikel berjudul Yesus Berteknologi. Dari Mentawai, kami menu­ lis perkembangan dan upaya yang telah dilakukan dalam membangun kepemimpinan pemuda untuk mendorong transformasi desa. Baca laporan lengkapnya dalam rubrik Cerita dari Mentawai.

Kami juga mengajak pembaca sekalian ikut merenung, mengubah sudut pandang, tentang bagaimana sebaiknya menghadapi masa sulit selama pandemi ini melalui rubrik Refleksi. Jangan lewatkan juga ulasan menarik di rubrik Opini dan rubrik­rubrik lainnya.

Akhirnya, selamat membaca edisi Mei 2020. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Tuhan dan selalu menjadi suratan Kristus yang mencer­ minkan teladan Kristus dalam kehidupan kita bermasyarakat. Pun kritik dan saran membangun dari pembaca sekalian senantiasa kami harapkan.

Redaksi
Semper Reformanda

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.