Donasi Melawan Covid-19

Sejak kasus Covid-19 pertama di Indonesia diumumkan secara resmi oleh pemerintah pada tanggal 02 Maret 2020, alat perlindungan diri seperti masker dan hand sanitizer mengalami kelangkaan. Kalaupun ditemukan, harga yang dipatok di pasar eceran tidak mengikuti standar kewajaran. Meningkatnya kebutuhan akan item-item produk kesehatan sejalan dengan semakin menanjaknya status pandemi virus corona baru ini di masyarakat, bukan hanya masif secara global tetapi juga di Indonesia, pun daerah-daerah ikut terdampak.

Peran rumah sakit dan tim medis hari ini sangat diapresiasi sebagai garda paling depan melawan penyebaran virus corona baru dan membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk membantu pelayanan kesehatan di tengah pandemi virus ini, gereja-gereja Lutheran di Indonesia melalui KNLWF memberikan donasi sebanyak Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) kepada Rumah Sakit PGI Cikini di Jakarta. 

Fernando Sihotang, mewakili KNLWF, menyerahkan dana tersebut secara langsung kepada pihak management RS PGI Cikini pada hari Kamis, 26 maret 2020. Dana tersebut akan digunakan untuk pembelian masker, hand sanitizer, dan membantu pembiayaan tim medis yang bekerja siang malam menghadapi serangan virus baru ini. “Mereka (tenaga medis di RS) merupakan salah satu kelompok yang rentan terpapar virus baru ini karena minimnya alat pengaman diri ketika berhadapan dengan pasien maupun orang yang berkunjung ke rumah sakit,” ujarnya.

Di Indonesia, sudah ada puluhan tenaga medis yang meninggal akibat terpapar virus Covid-19 dari pasien terinfeksi. Mengutip KOMPAS (27 Maret 2020), Tri Maharani, dokter spesialis emergensi, mengatakan bahwa keterbatasan alat pengaman diri (APD) menyebabkan tenaga medis terinfeksi dari kunjungan orang yang datang ke rumah sakit dengan keluhan sakit panas dan batuk, tetapi membawa Corona sehingga banyak yang tertular. Seandainya tenaga medis di rumah sakit dipersiapkan dengan alat pengaman diri, maka mereka akan terlindungi dari paparan virus yang berpotensi dibawa oleh siapapun ke lingkungan rumah sakit.

Tim Covid-19 RS PGI Cikini membuka pintu donasi kepada siapa saja. Donasi dapat disalurkan dalam bentuk masker, hand sanitizer dan desinfektan, atau dalam bentuk uang ke rekening BRI 05.02.01.000005305 (atas nama RS PGI Cikini Yayasan). Donasi dan kontribusi dari masyarakat akan sangat membantu pelayanan tim medis untuk melawan virus baru ini.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.