fbpx

Dari Kami Untuk LSC Indonesia

Pdt. Irene Rajagukguk

Pembahasan tentang Teologi Luther sepertinya menjadi fokus diskusi teologis di HKBP belakangan ini. Meskipun pada dasarnya penerapan pendidikan iman bagi seluruh warga jemaat HKBP yang menjalani tahapan inisiasi telah sekian lama menggunakan Katekismus Martin Luther, namun sepertinya masih ada keraguan dalam benak para teolog dan juga pendeta HKBP tentang dasar pijakan teologi dalam tradisi gereja HKBP. Namun pada dasarnya sebagai peserta dalam Kursus Online Teologi ini hanya dapat berharap bagaimana agar ajaran Teologi Luther ‘membumi’ dalam konteks kehidupan gereja HKBP yang tak dapat dipungkiri berada dalam konteks budaya Batak, juga dalam negara dengan penduduk yang majemuk, dan seperti yang kita ketahui bersama zaman sekarang ini yang adalah era digital. Teologi Lutheran harus mampu masuk dalam dialog antara teologi dan interkultural, teologi dan mistis, bahkan teologi dan isu-isu seperti disabilitas, feminis, LGBT, dan rasisme. Dengan demikian, buku-buku teologi dalam tradisi Lutheran tidak lagi hanya sebagai pengukur sesuatu itu sesuai moral, etika, atau berbicara dosa melulu. Dengan demikian, teologi Lutheran tetap dapat up date dalam segala zaman dan hadir merespon kasus-kasus yang terjadi dalam pergumulan gereja. Terima kasih kepada semua Pembicara dan fasilitator, terlebih kepada LSC Indonesia. Harapan saya agar dilanjutkan lagi pada tahun 2021.

Josua V. Hutagalung, S.Th

Seandainya Luther masih hidup ia juga tidak ingin bahwa ia dikatakan Lutheran. namun yang pasti apa yang ia tekankan tentang “Back To Bible” menjadi inti segala pengajarannya. Melihat di zaman saat ini banyak agama/ajaran yang mengaku ‘ajaran kristen’ namun masih menyimpang dari ajaran Alkitab itu sendiri. Terimaksih kepada KN-LWF yang telah menjadi wadah untuk mengigatkan kembali dan menegaskan betapa pentingnya memahami akan ajaran Luther dan  Bagaimana memahami Alkitab secara baik dan Benar. Alkitab menjadi Sumber Utama dalam Memahami dan Mengimani Ajaran Yesus oleh karena itu segala ajaran dan pengajaran harus “Back To Bible”.

Selengkapnya Kursus Online Teologi Lutheran

Pdt. Triana Novita Pane

Lutheran menjelaskan bahwa ibadah bukanlah tentang apa yang kita lakukan, tetapi tentang apa yang Tuhan lakukan untuk kita. Kita hanya menanggapi dalam doa dan pujian kepada Tuhan dalam hadiratNya. Fokus dalam penyembahan Lutheran bukanlah pada bagaimana perasaan kita tetapi pada bagaimana Tuhan datang kepada kita. Kita percaya bahwa ibadah adalah harta karun. Itu mendekatkan surge kepada kita di bumi, karena Tuhan ada, mengampuni, berbicara, mendengarkan dan memberi berkat kepada kita – mempersiapkan kita untuk menyembah Dia di dunia dengan anugerah dalam hidup kita.

 

Pdt. Haposan C. Sinaga, M.A

Saya mendaftar untuk mengikuti webinar ini karena LSC Indonesia membawa topik yang sering ditanyakan dalam komunitas Kristen Batak, yaitu harapan Kristen dalam kehidupan setelah kematian. Webinar sangat efektif. Pastor Haar menggunakan ilustrasi yang efektif untuk menjelaskan suatu poin tertentu dan oleh karena itu mudah dipahami oleh hadirin. Dia membuktikan argumennya dengan memanfaatkan beberapa ayat Alkitab sebagai pendukung. Webinar ini bermanfaat untuk pelayanan saya. Saya telah bertemu banyak orang Kristen yang tidak yakin tentang apa yang terjadi setelah kematian. Dalam perjalanan kita menuju perayaan Paskah, banyak umat Kristen Batak akan pergi ke kuburan untuk memperingati orang yang dicintai. Tapi, masih banyak yang pergi ke kuburan dengan membawa rokok, makanan, dan lain-lain sebagai cara untuk menghormati dan berkomunikasi dengan orang yang sudah meninggal. Webinar ini memperdalam pengetahuan saya tentang bagaimana menjelaskan bahwa ketika orang Kristen meninggal, mereka pergi bersama Yesus dan oleh karena itu, praktik-praktik itu tidak boleh dilakukan, karena orang mati telah pergi bersama Kristus, tidak di dunia ini lagi.

Baca Selengkapnya Seri Webinar: Luther Study Centre (LSC) Indonesia

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.