KNLWF Ber-Diakonia ke Jemaat-jemaat Cegah COVID19

Sejak merebak Corona Virus Diseases (Covid) – 19 di Indonesia, seluruh lini organisasi baik pemerintah maupun sosial berusaha memutus mata rantai penyebarannya. Bahkan pemerintah telah menganjurkan agar ibadah-ibadah minggu dipindahkan dari gereja ke rumah-rumah. Persekutuan keluarga bukanlah secara bersama, namun hanya diperkenankan masing-masing keluarga. Jarak sosial (distancing) diberlakukan baik di kantor maupun di tempat-tempat keramaian.

Dimana ada gereja biasanya disana ada rumah dinas pelayan/Pendeta. Komite Nasional Lutheran World Federation (KN LWF) mengambil prakarsa untuk memberikan bantuan kepada para Pelayannya sebab rumah pelayan lebih banyak didatangi oleh jemaat dan karena itu kemungkinan Covid-19 lebih banyak tersebar disana. Masker, Hand sanitizer, Disinfektan yang diracik sendiri oleh tim didistribusikan pada Sabtu, 28 Maaret 2020. Beberapa gereja di sekitar Tarutung dan Siborongborong seperti  HKI, HKBP, GPP, GKLI, GPKB, GKLI, BNKP dan beberapa rumah jemaat. serta GKPPD di Sidikalang.

Pada hari Senin, 30 Maret tim masih melanjutkan ke beberapa tempat termasuk sekolah-sekolah seperti PAUD dan TK.

 

Covid-19 yang penyebarannya melumphkan banyak hal ini, tidak diketahui kapan akan berakhir. KN LWF berusaha untuk menunjukkan identitasnya sebagai gereja yang perduli dan mendampingi jemaatNya agar tumbuh bersama.

Covid-19 yang penularannya sangat cepat telah melanda Indonesia. Angka positip Corona dengan cepat mencapai 2.000 an, sementara angka kematian masih lebih tinggi dibandingkan dengan angka kesembuhan. Rumah Sakit belum sempat dilengkapi dengan alat medis, sementara Para Medis memerlukan Alat Pelindung Diri (APD). Para medis adalah garda terdepan yang dapat membantu korban terdampak maupun terpapar, oleh karena itu kesehatan para medis menjadi hal prioritas.

Bersama Pemuda HKBP, KN LWF memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh para medis yang berada di RSUD Tarutung, seperti Masker, Susu dan makanan bergizi. Bantuan yang didapatkan dari anggota jemaat ini diberikan beberapa kali ke RSUD Tarutung yanag diterima oleh Dr David Simanjuntak dan Dr Marganda Silittonga.

Keperdulian adalah salah satu identitas Lutheran sebagai bentuk Anugerah Tuhan kepada umat di dunia ini.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.