About LWF

Logo LWF
Logo LWF

Federasi Lutheran se-Dunia

Federasi Lutheran se-Dunia yang dikenal juga dengan nama Lutheran World Federation (LWF) adalah sebuah persekutuan yang terdiri dari gereja-gereja Kristen yang berkembang dari tradisi Lutheran. Lembaga ini didirikan pada 1947 di Lund, Swedia, dan kini mempunyai sekitar 140 gereja anggota yang tersebar di 78 negara di seluruh dunia, dan mewakili hampir 66 juta orang Kristen dari 69,5 juta Lutheran sedunia.

Dasar-dasar ajaran

LWF mengakui Kitab Suci yang terdiri dari Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru sebagai satu-satunya sumber bagi doktrin, kehidupan dan pelayanannya. LWF juga mengakui tiga Pengakuan Iman Ekumenis — Pengakuan Iman Nicea, Pengakuan Iman Rasuli, dan Pengakuan Iman Athanasius dan pengakuan-pengakuan iman Gereja Lutheran, khususnya Konfesi Augsburg yang belum diubah, serta Katekismus Kecil Martin Luther sebagai uraian yang murni dari Firman Allah.

Gereja-gereja anggota LWF mengakui Allah Tritunggal, sepakat dalam pemberitaan Firman Allah dan dipersatukan dalam persekutuan mimbar dan altar. LWF mengakui adanya satu Gereja yang kudus, am, dan rasuli, dan berusaha untuk mengusahakan kesatuan orang Kristen di seluruh dunia. Lembaga ini bertindak atas nama gereja-gereja anggotanya dalam bidang-bidang yang menjadi perhatian bersama, seperti misalnya komunikasi, hubungan ekumenis dan antar-iman, hak-hak asasi manusia, bantuan kemanusiaan, teologi, dan berbagai aspek dari misi dan pembangunan.

Lembaga pengambilan keputusan tertinggi

Lembaga pengambilan keputusan tertinggi LWF adalah Sidang Raya, yang biasanya diadakan setiap enam tahun sekali. Di antara Sidang-sidang Raya LWF diatur oleh sebuah Dewan yang berkumpul setiap tahun dan oleh Komisi Eksekutifnya, yang juga berfungsi sebagai Dewan Kurator LWF dan Komite Personalia LWF. Dewan terdiri dari Presiden, Bendahara, dan 48 anggota yang dipilih oleh Sidang Raya.

Sekretariat Jenderal

Sekretariat Jenderal LWF terletak di Pusat Ekumenis di Jenewa, Swiss, dengan alamat di 150, route de Ferney, P.O. Box 2100, CH-1211 Geneva 2, Switzerland.

Hal ini memastikan kerja sama yang erat dengan Dewan Gereja-gereja se-Dunia (WCC) dan persekutuan-persekutuan Kristen sedunia lainnya maupun organisasi-organisasi sekuler internasional

Pimpinan

Presiden LWF sekarang ini dijabat oleh Rev. Dr Panti Filibus Musa, beliau merupakan pemimpin gereja Lutehran di Nigeria dan Sekretaris Jenderalnya Rev. Dr. Martin Junge.