Seri Webinar: Luther Study Centre (LSC) Indonesia

Tahukah Anda bahwa seri webinar LSC Indonesia direkam dan Anda dapat mendengarkannya kapan saja? Anda dapat menemukannya di channel Youtube Komite Nasional LWF Indonesia.

Webinar bulan Februari menampilkan Rev. Dr. Charles Peterson dari gereja Evangelical Lutheran Church in America yang mengeksplorasi “Perspektif Lutheran pada Ibadah dan musik” Rev. Charles adalah tenaga pengajar untuk Luther Study Centre Indonesia. Dia adalah seorang pendeta di Trinity Lutheran Church (ELCA), Columbus, Ohio.

Beliau adalah seorang Doctor of Philosophy, Marquette University, December 2012. Dengan disertasi: The Humanistic, Fideistic Philosophy of Philipp Melanchthon (1497-1560). Dia membawa identitasnya sebagai pengajar dan teolog dan bertahun-tahun sebagai pendeta di jemaat  memberikan sumber pemahaman penting tentang kedalaman teologi Luther. Beliau memiliki pengalaman mengajar di University and Seminary courses taught Christian Ethics, Sabah Theological Seminary, Malaysia, 2019. Religious Foundations and the Bible, Capital University, 2017. Contemporary Ethical Issues and Religious Perspectives, Capital University, 2013. Business Ethics, Marquette University, 2006. Theory of Ethics, Marquette University, 2004. Philosophy and Human Nature, Marquette University, 2004. Logic, Marquette University, 2003

Rev. Charles menjelaskan kesatuan penting pada ibadah Kristen dan reformasi Luther pada Ibadah. Beliau mengatakan bahwa dia menemukan bahwa Luther memotong bagian yang menurutnya membuat ibadah lebih kompleks. Dia menempatkan ibadah dalam bahasa jemaat. Dia menambahkan pujian dengan musik (Jerman) yang akrab. Dia memotong bagian yang bertentangan dengan Kristus, secara khusus. Rev. Charles juga menjelaskan bahwa Tuhan memanggil pertama sekali kita untuk beribadah dan yang terutama bukan untuk menerima apapun dari kita, tapi untuk memberi kita Firman kasih karunia di dalam Kristus, untuk memberi kita Roh Kudus melalui Firman, dan melalui Roh Kudus untuk memberi kita iman dan kekuatan untuk hidup dalam cinta, memikul Salib, mengikuti Yesus.

Pdt. Triana Novita Pane

Lutheran menjelaskan bahwa ibadah bukanlah tentang apa yang kita lakukan, tetapi tentang apa yang Tuhan lakukan untuk kita. Kita hanya menanggapi dalam doa dan pujian kepada Tuhan dalam hadiratNya. Fokus dalam penyembahan Lutheran bukanlah pada bagaimana perasaan kita tetapi pada bagaimana Tuhan datang kepada kita. Kita percaya bahwa ibadah adalah harta karun. Itu mendekatkan surge kepada kita di bumi, karena Tuhan ada, mengampuni, berbicara, mendengarkan dan memberi berkat kepada kita – mempersiapkan kita untuk menyembah Dia di dunia dengan anugerah dalam hidup kita.

Untuk mendengarkan webinar ini silahkan klik di sini Perspektif Lutheran Pada Ibadah dan Musik – Part 1 Perspektif Lutheran Pada Ibadah dan Musik – Part 2

[Part 2 will uploaded soon]

Seri Webinar LSC pada bulan Maret dengan Pendeta Dr. Richard Haar yang berbicara kepada lebih dari 70 peserta tentang “Pengakuan Lutheran: Kepercayaan di Akhirat”. Dia saat ini mengajar di bidang Sistematika dan Teologi Pastoral di Australian Lutheran College. 2021 akan menjadi tahun ke-6 saya mengajar di ALC. Dia adalah pendeta di dua jemaat berbeda di Adelaide. Dan sebelum itu Dia mengambil studi pascasarjana, mendapatkan gelar Master of Theology di ALC. Tesis Masternya adalah tentang teologi kebangkitan di Karl Barth. Ia juga menyelesaikan studi pascasarjana di bidang Konseling.

Itu adalah webinar interaktif dalam dua sesi pada bulan ini. Nampaknya para peserta haus untuk berbagi praktik terbaik mereka, bertanya, berkomentar, dan belajar dari pembicara dan satu sama lain. Para peserta berasal dari berbagai latar belakang: kebanyakan mahasiswa dan pendeta teologi, dosen teologi, dan juga orang-orang.

Pdt. Dr. Richard Haar membahas topik tersebut dengan pendekatan The Lutheran pada topik Percaya di Akhirat dengan menanyakan apa yang diajarkan Alkitab tentang hal ini? Ini adalah prinsip Reformasi “Scripture Alone”. Lutheran bertanya bagaimana ini berhubungan dengan Injil Kristus? Ini adalah prinsip Reformasi “Kristologis”. Apa yang diajarkan Alkitab tentang akhirat dan bagaimana semua ini berhubungan dengan Kristus.

Untuk mendengarkan webinar ini silahkan klik di sini Pengakuan Iman Lutheran Tentang Kehidupan di Akhirat – Part 1

Pengakuan Iman Lutheran Tentang Kehidupan di Akhirat – Part 2

Pdt. Haposan Cornelius Sinaga, M.A

Saya mendaftar untuk mengikuti webinar ini karena LSC Indonesia membawa topik yang sering ditanyakan dalam komunitas Kristen Batak, yaitu harapan Kristen dalam kehidupan setelah kematian. Webinar sangat efektif. Pastor Haar menggunakan ilustrasi yang efektif untuk menjelaskan suatu poin tertentu dan oleh karena itu mudah dipahami oleh hadirin. Dia membuktikan argumennya dengan memanfaatkan beberapa ayat Alkitab sebagai pendukung. Webinar ini bermanfaat untuk pelayanan saya. Saya telah bertemu banyak orang Kristen yang tidak yakin tentang apa yang terjadi setelah kematian. Dalam perjalanan kita menuju perayaan Paskah, banyak umat Kristen Batak akan pergi ke kuburan untuk memperingati orang yang dicintai. Tapi, masih banyak yang pergi ke kuburan dengan membawa rokok, makanan, dan lain-lain sebagai cara untuk menghormati dan berkomunikasi dengan orang yang sudah meninggal. Webinar ini memperdalam pengetahuan saya tentang bagaimana menjelaskan bahwa ketika orang Kristen meninggal, mereka pergi bersama Yesus dan oleh karena itu, praktik-praktik itu tidak boleh dilakukan, karena orang mati telah pergi bersama Kristus, tidak di dunia ini lagi.

Untuk mendengarkan webinar ini silahkan klik di sini (youtube link) [will uploaded soon]

Dokumen:

Materi Prof Charles Part 1

Materi Prof Charles Part 2

Materi Prof Haar Part 1-2